Amalan apa yang Pahalanya seperti Haji dan Umroh? Ini Kata Gus Baha, Simak Menjelang Idul Adha 2024!

- 11 Juni 2024, 18:51 WIB
Gus Baha Sampaikan Tiga Wasiat Rasulullah Untuk Umat Akhir Zaman
Gus Baha Sampaikan Tiga Wasiat Rasulullah Untuk Umat Akhir Zaman /Instagram@kiyaigusbaha/

JURNAL SOREANG - Idul Adha 2024 tinggal hitungan hari, dimana hari raya tersebut menjadi puncak pelaksanaan ibadah haji. Karenanya Idul Adha juga disebut sebagai Lebaran Haji. 

Ibadah haji adalah ibadah yang membutuhkan dana tidak sedikit. Tak jarang umat Muslim terkendala soal biaya sehingga masih belum berkesempatan melaksanakan rukun Islam terakhir tersebut. 

Sembari terus berikhtiar mengusahakan untuk bisa melaksanakan ibadah haji, simak keterangan Gus Baha mengenai amalan yang memiliki pahala setara haji dan umroh. 

Baca Juga: Jelang Idul Adha 2024, Simak Amalan yang Pahalanya Setara Haji dan Umroh, Ini Kata Gus Baha

Meski disebut memiliki pahala setara haji dan umroh bukan berarti kewajiban melaksanakan ibadah tersebut akan gugur. Teruslah berushaa dan berdoa agar dapat menunaikan ibadah di Baitullah tersebut. 

Ulama asal Rembang, Jawa Tengah ini menjelaskan mengenai amalan yang memiliki pahala setera haji dan umroh. Dimana amalan yang dijelaskan Gus Baha tersebut lebih ringan dilakukan, dari segi finansial. 

Jadi untuk melaksanakan amalan ini tidak mengeluarkan biaya besar, yang artinya setiap umat Muslim bisa melaksanakannya. 

Baca Juga: Harus Tahu! Inilah Perbedaan Antara Diabetes Tipe 1, Tipe 2, dan Monogenik

"Pokok ngaji selain niat nggolek ilmu, niati dadi eleng Allah ngantos tulungissyamsi, niku ganjarane ambe haji ambe umroh, iling pengeran nek ahlil ilmi yo wes ngaji, nek ahli tafakur ambi ngopi, sing pentingeleng pangeran ngantek tulu'ussyamsi ," ungkap Gus Baha. 

Terjemah: pokonya ngaji selain niat mencari ilmu, diniati menjadi ingat Allah sampai tulu'usyamsi  itu pahalanya sama seperti hai dan umroh, ingat Tuhan kali ahli ilmu ya ngaji, kalo ahli tafakur sambil ngopi ingat Allah, yang penting ingat Tuhan sampai tulu'usyamsi.

Halaman:

Editor: Nasichatul Ma'Ali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah